~

Selasa, 07 Oktober 2014

ARTI WARNA DIBALIK SERAGAM SEKOLAH


Arti dibalik Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Seragam sekolah di Indonesia, dari tingkatan SD, SMP, hingga SMA memiliki warna bawahan yang berbeda-beda. Tapi, untuk baju seragam/atasaan, tetap sama yaitu kemeja hem putih. Merah untuk celana/rok seragam sd, biru untuk celana/rok seragam smp, dan abu-abu pada seragam sma. Adapun sekolah-sekolah yang dikelola swasta seperti madrasah, memiliki seragam sekolah bawahan warna hijau untuk tingkatan setara SD.
Bagi kita yang sudah lulus SMA, pasti pernah memakai semua berbagai jenis seragam sekolah di atas. Tetapi,
kebanyakan orang tidak mengerti arti di balik seragam sekolah tersebut.
Dulu, ketika bersekolah, apakah tidak terlintas pikiran untuk menanyakan hal tersebut kepada guru-guru kita, atau orang tua kita? Kalau ada seorang siswa sekolah yang menanyakan “Mengapa seragam sekolah warnanya berbeda-beda dari tingkatan SD, SMP, dan SMA?” bisa dibilang dia termasuk siswa yang kritis. Pastinya bagi anda yang berprofesi sebagai guru ataupun sebagai orang tua siswa, harus bisa menjawab dengan bijak pertanyaan tersebut.
Jawaban paling mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah untuk membedakan pada tiap tingkatan sekolah. Tapi, jawaban tersebut terkesan sepele dan dijawab tanpa pikir panjang. Maka, anda perlu jawaban yang lebih detail dan bisa dijabarkan.

Berikut ini beberapa arti dibalik warna seragam sekolah

seragam sd
seragam smp
foto fatin bersama teman sekolah

Arti warna seragam SD – bawahan merah

Warna merah mempunyai kesan energi dan hasrat
Energi: Dengan memakai seragam bawahan warna merah, diharapkan bisa mendorong energi anak untuk bersekolah. Warna merah juga tergolong warna mencolok dan menarik.
Hasrat: Dengan memakai seragam berwarna merah, semoga anak-anak memiliki antusias untuk bersekolah dan belajar.

Arti warna seragam SMP – bawahan biru

Warna biru mempunyai lambang komunikasi dan percaya diri
Komunikasi: anak SMP dituntut sudah bisa berinteraksi dengan lingkungan sekolah, dengan memakai seragam warna biru, ditujukan supaya mendorong komunikasi baik dengan sesama teman sekolah maupun dengan guru-guru.
Percaya diri: Berkomunikasi membutuhkan rasa percaya diri, warna biru yang dikenakan anak SMP juga diharapkan menumbuhkan rasa percaya diri ketika ia memakainya.

Arti warna seragam SMA – bawahan abu-abu

Warna abu-abu melambangkan kedewasaan dan tenang
Kedewasaan: Anak SMA sudah tergolong umur remaja mendekati dewasa. Dengan memakai pakaian abu-abu bisa mendorong anak untuk berpikir dan bertingkah lebih dewasa.
Tenang: Sekolah SMA membutuhkan suasana yang tenang agar siswa bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar. Warna abu-abu yang dipakai, turut mendukung suasana lebih tenang.
Adapun warna lain yang dikenakan siswa bersekolah, pasti memiliki arti masing-masing. Apapun warna seragam yang dipakai siswa, seragam sekolah terbaik adalah pakaian seragam yang nyaman digunakan oleh siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar